detail berita

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara

REBO BONTONG/MANDI SHAFAR AKHIRI GILI FESTIVAL

 

REBO BONTONG / MANDI SHAFAR

AKHIRI GILI FESTIVAL

Disbudpar, Gili Festival 2019 di Gili Trawangan berlangsung selama 5 (lima) hari, dari tanggal 19 Oktober 2019 sampai dengan 23 Oktober 2019 dengan berbagai acara yang ditutup dengan acara Rebo Bontong atau mandi Shafar yang dilaksanakan di pantai Gili Trawangan. Dalam ritual tersebut ribuan warga tua-muda, kecil-besar, warga lokal maupun wisatawan mancanegara berbaur dan mandi bersama tanpa membedakan warna dan status.
Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar S.H., M.H, hadir bersama wakil Bupati H.Syarifudin, SH., MH, dan mandi  bersama masyarakat. Selain kedua petinggi di Kabupaten Lombok Utara tersebut, pejabat-pejabat dari berbagai kepala OPD di Kabupaten Lombok Utara juga hadir dan memeriahkan ritual Rebo Bontong dengan selakaran, makan bersama dan mandi bersama. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai OPD leading sektor kegiatan ini mengelola event ini dengan sangat baik dimana semua masyarakat merasakan kebahagiaan.

Pada sambutannya Bupati Lombok Utara menuturkan  bahwa event ini merupakan kegiatan yang bagus  untuk menjalin kebersamaan dan tali silaturrahmi dengan masyarakat. Beliau juga mengatakan “ mandi adalah symbol pembersihan diri dan semangat untuk  mensucikan diri”.
Foto-foto kegiatan mandik Shafar silahkan klik link berikut:
Foto Mandi Shafar.