profil kepala dinas

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara

PROFIL DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA

Nama Resmi:    Kabupaten Lombok Utara

Ibu Kota :    Tanjung

Provinsi:    Nusa Tenggara Barat

Batas Wilayah :    Utara : Laut Jawa

Selatan : Kabupaten Lombok Barat

Barat : Selat Lombok

Timur : Kabupaten Lombok Timur

Luas Wilayah                     :    776.25 Km2

Jumlah Penduduk            :    224.768 Jiwa

Administrasi                      :    Kecamatan  5, Desa : 34, dan 10 desa Persiapan

Kabuaten Lombok Utara dengan luas wilayah 776, 25 Km2 yang terdiri dari lima kecamatan  yaitu Pemenang, Tanjung, Gangga, Kayangan dan Bayan. Masing-masing kecamatan memiliki kondisi geografis yang terdiri dari daratan dan lautan yang hamper sama luasnya.  Tentu setiap kecamatan menyimpan potensi alam dan keanekaragaman adat dan kebudayaan yang sangat beragam. Kondisi georgrafis dan budaya di Kabupaten Lombok Utara menjadi potensi pariwisata. Kabupaten Lombok Utara yang sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa dan disebelah Barat berbatasan dengan Selat Lombok tentu merupakan sebuah keuntungan dalam pengembangan wisata bahari.

Topografi wilayah yang di mulai dari medan berbukit sampai pegunungan juga menyimpan pesona keindahan alam yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Pesona alam Lombok Utara ini diharapkan akan terus dapat dinikmati serta dikembangkan untuk generasi mendatang dengan mengembangkan konsep pariwisata yang berkelanjutan (sustainable tourism). Prinsip pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan (enviromentally sustainable) juga menjadi perhatian serius  dari Dinas Kebudayan dan Patiwisata Lombok Utara.

Prinsip enviromentally sustainable yang menekankan bahwa proses pembangunan kepariwisataan harus tanggap dan memperhatikan upaya-upaya untuk menjaga kelestarian linkungan (baik alam maupun budaya), dan mampu mencegah dampak negatif yang dapat menurunkan kualitas lingkungan dan menggangu keseimbagan ekologi.

Prinsip dapat diterima secara sosial dan budaya (socially and culturally acceptable) yang menekankan bahwa proses pembangunan harus dapat diterima secara sosial dan budaya oleh masyarakat setempat, upaya-upaya pembangunan kepariwisataan yang dilaksanakan harus memperhatikan nilai-nilai sosial budaya dan nilai-nilai kearifan lokal yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, dan bahwa dampak pembangunan tidak boleh merusak tatanan dan nilai-nilai sosial budaya sebagai jati diri masyarakat.

Prinsip layak secara ekonomi dan menguntungkan (economically viable) yang menekankan bahwa proses pembangunan harus layak secara ekonomi dan menguntungkan . Oleh karenannya, pembangunan kepariwisataan harus dilaksanakan secara efisien agar dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan  baik bagi pembangunan wilayah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.

Tujuan  Pembangunan Pariwisata berkelanjutan yang didasarkan atas prinsip-prinsip tersebut , akan bermuara pada 5 (lima) sasaran sebagai berikut (Fennel, 1999) :

  1. Terbangunnya pemahaman dan kesadaran yang semakin tinggi bahwa pariwisata dapat berkontribusi secara signifikan bagi pelestarian lingkungan dan pembangunan ekonomi.
  2. Meningkatkan keseimbangan dalam pembangunan.
  3. Meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat setempat.
  4. Meningkatkan kualitas pengalaman bagi pengunjung dan wisatawan.

Untuk memenuhi tujuan tersebut, ekowisata menjadi pilihan yang cukup strategis di Kabupaten Lombok Utara dengan prinsip dapat memenuhi beberapa butir prinsip agar ekowisata dapat menjamin pembangunan yang ecological friendly dari pembangunan berbasis kerakyatan. Penerapan butir-butir prinsip ekowisata di beberapa destinasi Kabupaten Lombok Utara yaitu :

  1. Berbasis Alam (Nature Based)
  2. Secara Ekologi Yang Berkelanjutan (Ecologically Sustainable)
  3. Memiliki Misi Pendidikan Lingkungan (Environmentally Edicative)
  4. Bernilai Manfaat Yang Tinggi Bagi Masyarakat Lokal (Locally Beneficial)
  5. Memiliki Nilai kualitas Pengalaman  Bagi Wisatawan (Generasi Tourist Satisfaction)

Secara umum kabupaten Lombok Utara memiliki beberapa atraksi alam yang sangat mempesona. Gili Trawangan dengan pasir putih dan underwater scenery yang memukai, Gili Meno yang eksotis dengan danau air tawar di tengah-tengah pulau, dan Gili Air dengan terumbu karang yang beraneka ragam. Disamping tentu ada banyak air terjun seperti Sendang Gila, Tiu Kelep, Sekeper, Tiu Teja, Kerta Gangga, dan lain-lain disamping tentu keindahan Gunung Rinjani yang sudah diakui oleh Unesco menjadi Global Geopark. Gunung Rinjani dan sekitarnya memberikan magnet yang luar biasa bagi para wisatawan untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa baik tata kehidupan masyarakat dan budaya yang berkembang.

Demikian profil sederhana tentang Potensi Pariwisata Kabupaten Lombok Utara. Semoga dapat memberikan informasi yang cukup komprehensip sehingga keputusan untuk berkunjung ke Lombok Utara pada tahun ini menjadi menjadi keputusan final. Selamat menikmati keindahan dan keunikan Kabupaen Lombok Utara.

Peta Kabupaten Lombok Utara